Home » » Mampir Di Masjid Agung Jawa Tengah

Mampir Di Masjid Agung Jawa Tengah

Bila anda sedang lagi berkunjung ke kota Semarang, sempatkanlah diri anda untuk mampir dan berkunjung di Masjid Agung Jawa Tengah, di mana di situ ada sebuah bangunan Masjid yang sangat terkenal dengan keindahan dari hasil arsitektur, kemegahan dan keindahannya.
Lokasinya, yaitu berada di jalan Gajah Raya, di Desa Sambirejo, Gayam Sari kota Semarang.

Mesjid dengan berbagai kemegahan ini di resmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 14 November 2006.
Dan Masjid ini di bangun mulai dari tahun 2001. Di perkirakan Masjid ini mampu menampung jamaah tak kurang dari 15 ribuu jamaah. Peresmian Masjid Agung Semarang ini di tandai dengan penandatanganan sebuah batu Prasasti setinggi 3,2 meter yang terletak di depan Masjid.



Komplek Masjid ini tediri dari Bangunan utama yang seluas 7.669 m2. Paduan dari arsitektur Jawa, Timur tengah dan Roma ini, nampak dan tergambar daribentuk bangunan masjid yang juga di jadikan
objek wisata islam, tempat pusat pendidikan islam, religi dan pusat aktifitas syiar Islam.
Ini dapat di lihat dari ornamen pada bagian dasar tiang masjid yang menggunakan motif batik.

Di Masjid ini juga, terdapat enam payung raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Ini mengadopsi dari Masjid Nabawi di Madinah.
Pada dinding-dinding masjid tertera kaligrafi yang terukir sangat indah. Ornamen-ornamen bernuansa arsitektur Italia terasa pula sentuhannya di beberapa bagian masjid. Bangunan utamanya beratapkan kubah besar, dilengkapi di bagian luarnya empat minaret (menara) yang runcing menjulang ke langit
Di sekeliling masjid terdapat bangunan pendukung lainnya, di antaranya: auditorium di sisi sayap kanan masjid yang dapat menampung kurang lebih 2000 orang. Auditorium ini biasanya digunakan untuk acara pameran, pernikahan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Sayap kiri masjid terdapat perpustakaan dan ruang perkantoran yang disewakan untuk umum. Selain itu, terdapat juga berbagai macam sarana hiburan seperti air mancur, arena bermain anak-anak, dan kereta kelinci yang dapat mengantarkan pengunjung berputar mengelilingi kompleks masjid.

Salah satu yang istimewa dari masjid ini adalah Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) dengan ketinggian 99 m. Menara dapat dilihat dari radius 5 km, terletak di pojok barat daya masjid. Di menara ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Semarang termasuk lalu lalang kapal yang melintas maupun berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas melalui teropong pandang yang tersedia.

Untuk memasuki area masjid indah ini sama sekali tidak dikenakan biaya. Silakan menikmati eksotisme masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini dengan menjelajahi setiap sudutnya. Anda akan melewati gerbang megah bernama Al Qanathir. Pintu gerbang itu memiliki 25 tiang sebagai simbolisasi jumlah nabi dalam Islam sebagai pembimbing umat. Pada pintu gerbang, terdapat ukiran kaligrafi Iafaz dua kalimat syahadat.

Untuk mencapai area Masjid ini tidaklah susah, hanya di butuhkan waktu sekitar kurang lebiih 20 menit dari alun alun pusat kota Semarang.
Maka, bisa anda yang senang berwisata religi, tidak ada salahnya anda mampir ke Masjid ini.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

 
Support : My Link | Pamenang Selatan | Aguees Water
Copyright © 2013. Agust Glory - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger