Home » » Teruslah melangkah, Belajar Tinggalkan Masa Lalu

Teruslah melangkah, Belajar Tinggalkan Masa Lalu

Setiap orang pasti punya masa lalu
Ada yang menyenangkan sehingga kita berharap bisa mengulanginya sekali lagi
Ada yang tak menyenangkan sehingga kita berharap hal itu tak pernah terjadi
Namun yang namanya masa lalu sudah berlalu, kita tak bisa kembali ke sana untuk mengubahnya atau untuk mengulang kembali.
Yang sudah terjadi biarlah terjadi.
Terkadang masa lalu sangat mempengaruhi kehidupan yang sekarang sedang dijalani dan juga kehidupan di masa yang akan datang.
Bila pengaruh masa lalu itu positif maka itu tak menjadi sola
Tetapi bila pengaruhnya negatif, maka ada baiknya dilupakan saja
Mungkin sangat tidak mudah melupakan masa lalu yang kelam, apalagi melupakan kesalahan orang-orang di masa lalu yang membuat hidup kita begini.
Namun percayalah tak ada yang kebetulan di dunia ini, termasuk masa lalu yang kelam, semua bisa menjadi hikmah dan pelajaran berharga di hari ini dan di hari mendatang, jika kita mau belajar mengerti. Karena semua itu sudah ada di dalam AturanNYA.
Cara kita belajar mengerti dan memahami maksud kenapa semua harus terjadi (masa lalu) adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, sebab hanya Dia yang paling mengerti mengapa harus terjadi. Memang saat menjalani atau saat mengingat masa lalu yang kelam, hati terasa perih, bahkan kadang amarah itu masih ada.
Tetapi bila kita kembali kepada maksud indah Tuhan sekalipun melalui hal-hal yang buruk, kita akan menyadari betapa beruntungnya kita bisa melewati itu semua, dengan langkah tegap dan wajah lurus ke depan menatap masa depan.
Tetapi jika kita masih saja terbelenggu masa lalu dan membuat langkah kita terhambat, salah satu cara untuk meringankan langkah kita adalah dengan mengampuni. Hal ini memang tidak mudah, karena dibutuhkan penyangkalan diri dan kerendahan hati, namun kalo dilihat manfaatnya, mengapa ditunda-tunda untuk melakukan hal itu. Tapi kalo masih sulit melakukannya, jangan kuatir minta kekuatan pada Tuhan untuk melakukannya, asal kita mau pasti Tuhan mampukan.
Intinya apapun yang telah terjadi, jangan hidup lagi dalam penyesalan yang tiada akhir, biarlah masa lalu hanya menjadi masa lalu, kita harus terus melangkah karena masa depan begitu nyata dan memang ada bagi orang-orang yang berserah kepada Tuhan.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

 
Support : My Link | Pamenang Selatan | Aguees Water
Copyright © 2013. Agust Glory - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger