Home » » Tips Mengamankan File Pada Komputer Anda

Tips Mengamankan File Pada Komputer Anda

Repot memang jika satu komputer digunakan banyak orang. Anda mungkin menyimpan file-file rahasia yang tak ingin orang lain membacanya. Bagaimana mengamankan book dan binder itu dari tangan-tangan jahil?
Jika Anda merasa repot melindunginya secara manual, program-program pelindung file/folder bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Program-program tersebut bisa diunduh di Internet. Berikut beberapacomputer application yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan book dan binder Anda.
1. Binder Lock
Sistem operasi Windows memang menyediakan fasilitas penyembunyi folder. Sayangnya banyak orang yang sudah mengerti bagaimana membuatnya menjadi tak tersembunyi lagi. Binder Lock mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.
Folder Lock merupakancomputer application pengunci folder. Affairs ini muncul sekitar 2 tahun yang lalu. Fungsinya hampir sama seperti gembok. Binder Lock akan memunculkan kotak chat untuk mengisi countersign setiap book yang diklik. Tak hanya mengunci, book yang dilindungi pun akan menjadi tersembunyi. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam, mulai dari perlindungan dari virus, mengenkripsi dan mengacak data.
Aplikasi ini berukuran 1,82 MB dan dapat berjalan pada belvedere Windows 98/ME/NT/2000/XP. Affairs ini bisa diperoleh melalui situs www.newsoftwares.net/folderlock. Sayangnya affairs tersebut merupakan shareware yang tidak chargeless karena Anda harus mengeluarkan kocek US$35 untuk mendapatkannya.
2. Cryptainer LE 5.0.1
Software ini akan membuatkan Anda kontainer abstracts atau binder yang digunakan untuk menyimpan berbagai ragam data. Anda tinggal memasukkan file-file yang akan dienkripsi ke dalam binder tersebut. Tidak hanya bisa bekerja di PC (komputer), affairs ini juga bisa digunakan dalam media penyimpanan lain seperti USB Drive, CD ROM, Beam Deejay dan lainnya.
Selain berfungsi melindungi data,computer application ini juga mampu melindungi e-mail. Anda bisa mendapatkancomputer application ini secara cuma-cuma alias chargeless melalui situs http://www.cypherix.co.uk/cryptainerle/. Sama seperti Binder Lock, affairs ini bisa berjalan pada belvedere Windows 98/ME/NT/2000/XP
3. MySecretFolder
Software ini memberikan opsi pada pengguna untuk memilih fitur menyembunyikan direktori atau perlindungan binder dengan password. Opsi pertama hanya menyembunyikan saja tanpa pemberian password. Opsi kedua hanya memberikan perlindungan book dengan countersign saja.
Aplikasi ini dapat berjalan pada belvedere Windows 98, ME, 2000, Server 2003 dan Windows XP. Untuk pengunduhan, dukungan dan update, dapat diakses melalui situs http://www.my-secret-folder.com/.
4. FileGhost
FileGhost merupakan salah satu apparatus keamanan yang bisa digunakan untuk memproteksi book atau folder. Dengan affairs ini, secara aman Anda bisa mengunci, menyembunyikan, menolak (deny) book reading, book writing, mencegah langkah penghapusan book (deleting), penyalinan (copying), pemindahan (moving, pengubahan nama file/folder (renaming) dan replacing.
Program perlindungan ini juga bisa diaplikasikan pada file, folder, aggregate adamantine disk, CD/DVD-ROM, beam agenda atau media penyimpanan lain, tanpa memperhatikan book arrangement yang digunakan (FAT atau NTFS).
Program ini juga sangat user affable dan mudah digunakan. Cukup dengan men-drag and bead book Anda dan mengatur pengecekan yang diinginkan, maka affairs perlindungan akan segera bekerja. Dengan FileGhost, Anda tidak hanya bisa melindungi abstracts penting Anda dari orang lain, tetapi juga dari affairs jahat seperti virus, trojan, spyware dan affairs jahat lainnya.
Soal platform, affairs ini berjalan pada Windows 2K/XP/2K3. Sayangnya, affairs ini tidak gratis. Namun untuk coba-coba saja, affairs ini disediakan gratis.
Cara Manual
Kalau Anda malas menggunakan software, berikut beberapa cara chiral yang bisa Anda coba untuk melindungi file/folder.
A. Memproteksi book Word/Excel.
Langkah-langkahnya:
1. Bukalah book Word atau Excel yang ingin Anda lindungi.
2. Pada card toolbar, pilihlah card Accoutrement kemudian pilih Options dan masuk ke card Security.
3. Setelah Anda memasuki Security, akan muncul box dimana Anda akan diminta untuk mengetikkan countersign untuk melindungi file.
4. Pada sebelah kanan box tadi, terdapat card Advanced. Jika Anda menginginkan kata kunci yang diisikan terenkripsi dengan lebih kuat, pilihlah card ini. Pada card Advanced, terdapat pilihan enkripsi mulai dari yang batten lemah yakni "Weak Encryption", yang bekerja dengan operasi XOR. Akin ini tidak ada pilihan panjang kata kunci.
Kemudian selevel lebih tinggi terdapat enkripsi approach "Office 97/2000 Compatible" untuk standar perlindungan file. Akin selanjutnya bervariasi namun tetap dengan metode enkripsi RC4. Pada akin ini, Anda sudah bisa mengisikan panjang kata kunci dengan basal 40 hingga 128 huruf. Berbagai teknik enkripsi ditawarkan, mulai dari DSS, RSA dan AES.
5. Klik OK untuk memilih tipe enkripsi dan Anda akan kembali ke tampilan awal Security.
7. Selain itu, masih terdapat box untuk mengisikan kata kunci yang akan menawarkan pada Anda untuk perlindungan modifikasi file, apakah book tersebut dapat diubah atau hanya read-only. Rekomendasi kami, isilah box ini demi keamanan yang lebih kuat.
8. Klik OK, lalu akan muncul kotak chat yang meminta Anda untuk mengisikan kembali kata kunci untuk membuka dan memodifikasi file.
9. Anda akan kembali pada book anda. Jangan lupa untuk menyimpannnya terlebih dahulu sebelum Anda menutupnya agar pengaruh pemberian kata kunci tadi berkhasiat.
Bagaimana jika ingin menghilangkan perlindungan tadi? Caranya:
1. Buka kembali book tersebut
2. Masuk ke bagian Security dan hapus kata kunci pada box yang telah anda isikan.
3. Klik OK
4. Kembali ke book dan simpan kembali book tersebut.
B. Melalui Regedit
Cara ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan kinerjacomputer application yang lebih mudah. Langkahnya:
1. Klik Start > Run, lalu ketikkan regedit kemudian tekan Enter.
2. Anda akan digiring ke book HKEY_CURRENT_USER. Lalu dari HKEY_CURRENT_USER pilih Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
Di window sebelah kanan akan terdapat "NoFolderOptions". Dobel klik NoFolderOptions, Abstracts Type: REG_DWORD. Yang 'diakali' disini adalah bagian datanya. Data: (0 = disabled, 1 = enabled/sembunyikan). Jika Anda meng-enable ambience ini, maka card Binder Options yang terdapat pada Start Card - Ambience akan hilang.
Bagaimana cara memunculkan binder advantage kembali? Berikut langkahnya:
1. Buka card RUN
2. ketikan gpedit.msc
3. buka user configuration
4. buka administrativ temple
5. buka Windows componen
6. buka windows explorer
7. cari card Remove the Binder Options card account from the accoutrement menu
8. klik 2x lalu pilih attenuate OK Coba buka My Computer lihat di tab Apparatus pasti Binder Optionsnya sudah muncul kembali.
Sumber: Detik Portal
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

 
Support : My Link | Pamenang Selatan | Aguees Water
Copyright © 2013. Agust Glory - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger