Home » » Tips Memilih Hewan Qurban di Hari Raya Iedul Adha

Tips Memilih Hewan Qurban di Hari Raya Iedul Adha

Sebentar lagi umat muslim diseluruh dunia akan melaksanakan lebaran iedul adha 10 dzulhijjah yang akan jatuh pada hari rabu tanggal 17 novembar 2010. Dimana hari itu umat muslim sedunia merayakan hari Raya Iedul Adha atau yang sering di sebut hari raya qurban. Sudah pastinya disunnahkan bagi yang mampu untuk melakukan atau menyembelih hewan qurban

Nah demi berjalannya hal diatas rasanya saya perlu sedikit menambah ilmu tentang cara memilih hewan qurban yang bagus, pantas atau yang patut untuk dijadikan hewan qurban menurut agama Islam.

Tapi sebagai tips, kali ini saya hanya akan memberikan pilihan pada hewan kambing. Karena hewan ini yang banyak jenisnya. Bagi yang mau tahu jenis jenis kambaing yang bisa di jadikan hewan qurban, silahkan lanjutkan membaca postingan ini. Karena disini akan saya bahas tentang jenis jenis kambing yang secara umum sering dipakai kurban oleh orang orang indonesia.
Nah dalam memilih hewan kambing untuk kurban, sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting harus memenuhi syarat berikut ini:

  • pertama kambing harus jantan
  • kedua usia kambing harus memasuki umur dewasa yaituharus berumur lebih dari dua tahun.
  • ketiga hewan qurban tidak boleh ada cacat pada badan terutama bagian mata 
  • keempat hewan qurban tidak boleh menderita penyakit apalagi penyakit berbahaya.
  • kelima bulu kambing juga harus yang bersih jangan jangan kotor karena biasanya banyak kutu kutu kambing yang tidak mustahil mengandung penyakit berbahaya.
demikianlah kriteria memilih kambing yang bagus, bagi anda yang mengetahui kriteria yang lain bisa kasih masukian pada kolom komentar.

Tips diatas adalah berdasar dari pengalaman saya yang pernah ikut membeli hewan yang akan di jadikan sebagai qurban, dan berdasar dari pencerahan para ustadz..
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates

 
Support : My Link | Pamenang Selatan | Aguees Water
Copyright © 2013. Agust Glory - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger